Resep dan Cara Membuat Kembang Tahu Mudah dan Nikmat

Resep Kembang Tahu Lezat - Selamat datang semuanya dalam blog Aneka Resep Masakan, pada kesempatan yang baik ini kami selaku penulis dari blog ini akan memberikan salah satu resep makanan yang cukup terkenal yaitu resep kembang tahu dan cara membuatnya. Resep kembang tahu adalah menu makanan dan minuman yang identik dengan kuliner orang Jawa Barat. Cara pembuatan makanan ini hampir sama dengan membuat tahu biasa karena sama-sama menggunakan bahan utama kedelai. Hanya saja, bahan yang digunakan sedikit berbeda. Karena terbuat dari kedelai, tentu saja panganan ini memiliki nilai gizi yang sangat baik untuk tubuh. Resep Kembang Tahu sangat lezat disantap bersamaan dengan kuah gula jawa di kala udara dingin. Kudapan tersebut biasanya di jual oleh pedagang keliling.

Resep dalam membuat kembang tahu sendiri sebenarnya cukup banyak dan beraneka ragam, namun seringnya resep masakan yang satu ini lebih banyak dibuat dengan kombinasi wedang jahe sehingga sangat cocok diminum saat udara dingin. Jika dilihat-lihat, makanan ini memiliki bentuk yang hampir serupa dengan egg tofu. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang menyamakan makanan ini dengan tofu putih.

Sajian tersebut pada dasarnya terbuat dari bahan susu kedelai tawar. Susu kedelai tersebut kemudian di fermentasi dengan dengan menggunakan bubuk sekau sampai menghasilkan gumpalan yang membentuk tahu. Sekau ini dapat Anda dapatkan dari toko kue terdekat. Bagi Anda yang penasaran dengan resep yang satu ini, berikut akan kami berikan bahan-bahan resep dan Cara Membuat Kembang Tahu yang terasa lezat dan nikmat.
Resep Lainnya : Resep Cara Membuat Ayam Rica-Rica

Bahan dan Cara Membuat Resep Kembang Tahu

Bahan-Bahan Resep Kembang Tahu

  • 500 gram kedelai, direndam selama 4 jam dan bilas hingga bersih
  • 4 sendok teh sekau, dilarutkan ke dalam air mendidih
  • 1600 ml air panas
  • 400 gram gula merah
  • 4 lembar daun pandan
  • 2 liter air
  • 100 gram gula pasir
  • 300 gram jahe, memarkan

Bahan dan bumbu Resep Kembang Tahu, Cara membuat Resep Kembang Tahu

Cara Membuat Resep Kembang Tahu

  1. Cara membuat kembang tahu yang pertama adalah membuang kulit kedelai yang sebelumnya telah direndam.
  2. Selanjutnya, blender kedelai dengan air kemudian saring hingga terpisah antara ampas dan sari kedelai. Lalu, blender lagi ampas kedelai dengan air hasil dari penyaringan tadi.
  3. Setelah terasa lembut, saring kembali ampas tadi. Kemudian lakukan hal yang sama dengan memblender ampas hasil saringan kedua. Terakhir, saring ampas dengan kain bersih dan buang ampas tersebut.
  4. Langkah selanjutnya dalam pembuatan kembang tahu adalah merebus air kedelai hingga mendidih. Sembari menunggu mendidih, aduk secara perlahan dan angkat jika sudah benar-benar mendidih. Kemudian, aduk lagi secara perlahan sebentar saja hingga uapnya menghilang.
  5. Selanjutnya, tuangkan air rebusan kedelai pada panci yang telah diisi dengan larutan sekau, lalu tutup dan biarkan selama 30 menit.
  6. Resep kembang tahu yang terakhir adalah memasak bahan untuk wedang seperti jahe, gula merah, daun pandan, gula pasir, dan air hingga mendidih lalu saring dan didinginkan.
  7. Sajikan kuah wedang di atas kembang tahu yang telah disiapkan ke dalam mangkuk.
  8. Kembang tahu yang lezat sudah jadi dan siap untuk disantap bersama keluarga dirumah.
Baca Juga :
Resep Mie Ayam Ceker Spesial Nikmat
Resep Cara Membuat Perkedel Kentang
Resep kembang tahu terkenal memiliki banyak sekali manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh, selain itu rasanya yang lezat dan juga nikmat tentu akan disukai oleh anak-anak maupun keluarga dirumah. Sekarang apakah bunda semua sudah paham dan mengerti Cara Membuat Resep Kembabg Tahu yang nikmat, tidak sesusah yang bunda pikirkan bukan? Silahkan coba untuk memasaknya sendiri dirumah dan tentu saja dapat dikreasikan menurut selera masing-masing. Sekian dan terima kasih sudah membaca resep yang kami berikan, mudah-mudahan resep yang kami berikan dapat berguna bagi pembaca semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep dan Cara Membuat Kembang Tahu Mudah dan Nikmat

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM atau akan kami hapus. Terima Kasih.