Cara Membuat Resep Dendeng Ragi (Bumbu Serundeng)

Cara Membuat Dendeng Ragi - Siapa yang tidak mengenal dendeng, makanan yang satu ini biasanya terbuat dari daging maupun ikan yang diawetkan. Sedangkan menurut Wikipedia Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di lemari es.

Dendeng adalah merupakan salah satu contoh makanan yang telah mengalami proses pengawetkan, biasanya hal ini dilakukan apabila kita mempunyai terlalu banyak stok daging namun bingung mau dimasak apa. Pada kesempatan kali ini Aneka Resep Masakan akan memberikan salah satu resep masakan dari dendeng yang sudah sangat terkenal di Jawa Tengah yaitu Resep Dendeng Ragi.

Resep Dendeng Ragi merupakan salah satu resep masakan yang berasal dari Jawa Tengah atau lebih tepatnya dari kota Solo, resep yang satu ini merupakan resep masakan yang biasanya dihidangkan pada acara-acara pesta tertentu, misalnya saja resepsi pernikahan. Resep Dendeng Ragi biasanya terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan bumbu rempah-rempah serta parutan kelapa atau biasa disebut serundeng. Dendeng ragi memiliki cita rasa yang enak dan juga gurih sehingga disukai oleh semua orang. Dibawah ini adalah bumbu dan bahan yang dibutuhkan serta Cara Membuat Dendeng Ragi (Bumbu Serundeng).
Resep lainnya : Cara Membuat Rendang Daging Padang

Bahan-Bahan Resep Dendeng Ragi

  • 1/2 kilo gram daging sapi
  • 1 butir kelapa setengah tua

Bumbu-Bumbu Resep Dendeng Ragi

  • 6 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 3 buah cabe merah
  • 1 jari lengkuas
  • gula merah, asam dan garam secukupnya

Bahan dan bumbu Dendeng Ragi Bumbu Serundeng, Cara membuat Resep Dendeng Ragi Bumbu Serundeng

Cara Membuat Resep Dendeng Ragi

  1. Cuci daging sapi yang sudah kita persiapkan dari kotoran sampai bersih, kemudian iris-iris daging tersebut.
  2. Lalu parut semua buah kelapa ambil ampasnya.
  3. Haluskan bawang merah, ketumbar, bawang putih dan bumbu lainnya kecuali gula merah dan daun salam sampai benar-benar halus.
  4. Kemudian campur irisan daging dengan bumbu yang sudah dihaluskan tersebut dengan cara diremas-remas.
  5. Lalu tumis campuran daging dan bumbu tersebut dalam perapian jangan lupa masukan gula merah dan salam serta tambahkan sedikit air.
  6. Berikutnya masukan parutan kelapa sambil daging digoreng terus.
  7. Goreng terus daging tersebut denggan api kecil sampai agak kering dan berwarna kuning, lalu angkat bila daging sudah empuk dan matang.
  8. Selesai Resep Dendeng Ragi siap untuk anda hidangkan.
Resep lainnya : Cara Membuat Bakso Sapi yang Nikmat
Demikianlah Resep Membuat Dendeng Ragi (Bumbu Serundeng), semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya. Silahkan anda praktekkan dirumah masing-masing bersama keluarga anda, selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Resep Dendeng Ragi (Bumbu Serundeng)

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM atau akan kami hapus. Terima Kasih.