Cara Membuat Resep Ayam Rica-Rica Pedas Asli Manado

Resep Ayam Rica-Rica Pedas Manado - Bagi Anda semua yang merupakan penggemar masakan pedas, pasti akan menyukai resep masakan yang satu ini. Ya, salah satu resep masakan ini berasal dari Sulawesi Utara atau lebih tepatnya lagi berasal dari kota Manado. Nama sajian tersebut adalah resep ayam rica-rica. Mungkin pembaca semua pernah mendengar resep yang satu ini, atau bahkan sudah pernah dan sering memakannya baik itu dirumah makan ataupun resetoran. Resep ayam rica-rica yang selama ini pembaca santap memang berasal dari kota Manado ini. Kata rica sendiri di Manado dapat diartikan sebagai kata "pedas" atau "cabai". Jadi sesuai dengan nama yang dibawanya, Resep Ayam Rica-Rica tentu saja memiliki rasa yang pedas.

Meskipun berasal dari kota Manado, akan tetapi resep menu makanan yang satu ini sudah banyak kita jumpai diberbagai tempat di seluruh Indonesia, baik itu di restoran mewah maupun pedagang kaki lima di pinggir jalan. Memiliki citra rasa pedas yang khas, ternyata resep cara membuat ayam rica-rica tidaklah sulit untuk diaplikasikan dalam pengolahannya. Bagi Anda yang masih pemula tentu bisa membuat masakan yang terkenal pedas ini dan sangat cocok dihidangkan dengan nasi hangat dan lalapan. Siapapun yang mencobanya pasti akan ketagihan. Berikut bahan dan juga bumbu yang digunakan serta Cara Membuat Ayam Rica-Rica.
Resep kami lainnya: Resep dan Cara Membuat Cireng yang Lezat

Bahan-bahan Resep Ayam Rica-Rica Pedas

  • 1 ekor ayam (dipotong)
  • 1 jahe (digeprek)
  • 2 batang serai (dimemarkan)
  • 8 lembar daun jeruk nipis

Bumbu-bumbu Resep Ayam Rica-Rica Pedas

  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 20 buah cabai rawit
  • 10 buah cabai merah besar
  • Minyak goreng
  • Air secukupnya
  • Gula, garam dan penyedap rasa secukupnya

Bahan dan bumbu Resep Ayam Rica-Rica Pedas, Cara membuat Resep Ayam Rica-Rica Pedas
Gambar resep ayam rica-rica (wikipedia)

Cara Membuat Resep Ayam Rica-Rica Pedas

  1. cuci ayam sebagai bahan utama ayam rica-rica hingga bersih. Lalu masukkan ke dalam wajan berisi minyak panas. goreng hingga setengah matang.
  2. Bila ayam rica-rica tersebut sudah mulai kekuning-kuningan (jangan sampai coklat) langsung angkat, lalu tiriskan dan letakkan di wadah.
  3. Sekarang saatnya menumis bumbu yang dihaluskan seperti bawang putih, bawang merah, dan jahe, sedangkan untuk cabai rawit dan cabai merah besar bisa dihaluskan juga atau dipotong kecil-kecil.
  4. Tumis semua bumbu tersebut hingga tercium bau harum setelah itu masukkan ayam rica-rica yang sudah digoreng tadi ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga merata.
  5. Di dalam resep ayam rica-rica, ayam yang telah dicampur ke dalam tumisan tersebut ditambahkan dengan air secukupnya dan juga masukkan daun jeruk nipis dan batang serai yang sudah dimemarkan. Aduk hingga merata.
  6. jika sekiranya sudah matang, angkat dan pindahkan ke piring. Ayam rica-rica telah siap untuk disajikan.
Baca juga : Cara Membuat Resep Ayam Goreng Madu Manis
Demikianlah Resep Membuat Ayam Rica-Rica Pedas Asli Manado, semoga resep yang telah kami berikan bermanfaat bagi anda semua. Silahkan praktekkan dirumah masing-masing bersama keluarga anda, selamat mencoba dan memasak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Resep Ayam Rica-Rica Pedas Asli Manado

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM atau akan kami hapus. Terima Kasih.