Resep Siomay Ikan Tenggiri Khas Bandung yang Enak

Resep Siomay Ikan Tenggiri - Salah satu makanan khas Bandung yang sudah terkenal hampir di seluruh penjuru Indonesia adalah siomay. Teksturnya yang kenyal ditambah dengan bumbu kacang membuat cita rasa makanan khas Bandung yang satu ini sangat digemari oleh semua kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Saat ini kita tidak perlu repot-repot pergi ke kota Bandung untuk mendapatkan jajanan ini, sebab kita masih dapat menemukan menu makanan ini hampir disetiap tempat maupun kota. Namun tidak ada salahnya bila bunda semua mencoba untuk membuat Resep Siomay Ikan sendiri dirumah masing-masing supaya lebih irit dan juga dari segi kesehatan lebih terjaga. Anda bisa mengaplikasikan resep siomay berikut ini di rumah. Bahkan, cita rasa dan porsinya tentu bisa lebih dari yang dijual di luar.

Sebenarnya ada beberapa jenis bahan ikan yang biasa digunakan untuk membuat resep siomay yaitu antara lain ikan tenggiri, ikan tuna, udang bahkan daging babi. Namun pada kesempatan yang baik ini kami selaku penulis akan mencoba untuk memberikan Resep Siomay Ikan Tenggiri. Mengapa bahan yang kami pilih adalah ikan tenggiri? karena bahan ikan tersebut sangat umum digunakan dalam pembuatan jajanan tersebut, selain itu ikan tenggiri terkenal memiliki rasa dan aroma khas yang terasa lezat dimulut sehingga membuat Anda akan menjadi lebih ketagihan. Jadi, tidak usah terlalu panjang lebar, langsung saja bunda semua dirumah simak Cara Membuat Resep Siomay Ikan Tenggiri yang enak serta bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuatnya berikut ini.
Resep Lainnya: Resep dan Cara Membuat Cireng Sederhana yang Enak

Bahan, Bumbu dan Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri

Bahan-bahan Resep Siomay Ikan Tenggiri

  • ½ kg ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
  • 100 gram putih telur
  • 250 gram tepung kanji
  • 400 gram tepung terigu
  • Kulit pangsit secukupnya

Bumbu-Bumbu Resep Siomay Ikan Tenggiri

  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 10 siung bawang merah, haluskan
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Bahan dan Bumbu Sambal Kacang Siomay

  • 300 gram kacang tanah
  • 3 buah cabe merah besar
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • air panas secukupnya

Bahan dan bumbu Resep Siomay Ikan Khas Bandung, Cara membuat Resep Siomay Ikan Khas Bandung

Cara Membuat Saus Sambal Kacang Siomay

  1. Pertama kita panaskan minyak goreng dalam wajan untuk menggoreng bumbu saus sambal siomay.
  2. Kemudian goreng kacang tanah, cabe rawit, cabe merah, bawang merah, dan juga bawang putih sampai matang, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Setelah itu haluskan bumbu tersebut sampai halus, serta jangan lupa masukan juga garam dan juga gula pasirnya.
  4. Setelah semua bumbu tercampur merata, kemudian siram dengan air panas secukupnya supaya lebih menyatu.
  5. Kini saus sambal kacang siomay telah siap.

Cara Membuat Resep Siomay Ikan Tenggiri

  1. Masukkan telur, tepung kanji, terigu, bawang putih, bawang merah, ikan tenggiri, gula pasir, garam dan penyedap ke dalam sebuah wadah lalu aduk adonan siomay tersebut hingga rata.
  2. Masukkan air ke dalam adonan siomay tersebut secara perlahan-lahan lalu aduk hingga adonan benar-benar pas dan tidak lengket. 
  3. Setelah adonan siomay siap, ambil secukupnya lalu bungkus menggunakan kulit pangsit. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Jika semua adonan telah dimasukkan ke dalam kulit pangsit, selanjutnya adalah kukuslah adonan tersebut menggunakan langseng dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Anda juga bisa sembari merebus telur, kentang, pare dan kol.
  5. Jika dirasa telah matang, angkat dan sajikan ke dalam piring. Tambahkan juga telur, kentang, pare dan kol yang telah direbus tadi.
  6. Jangan lupa, siram siomay yang sudah ada didalam piring dengan saus sambal yang telah dibuat sebelumnya. Bunda semua juga dapat menambahkan kecap manis sebagai penambah citra rasa dari sajian siomay tersebut.
  7. Selanjutnya Siomay Ikan Tengiri yang lezat siap untuk disajikan.
Resep Lainnya : Resep Cara Membuat Kembang Tahu
Setelah membaca semua uraian dan juga tulisan resep diatas apakah bunda sudah paham semuanya, tidak terlalu sukar bukan? Silakan anda mencoba membuat Resep Siomay Ikan Tenggiri ini dirumah masing-masing untuk sajian bersama keluarga. Sekian ulasan resep kali ini mengenai Cara Membuat Resep Siomay Ikan Tenggiri Khas Bandung yang dapat kami berikan. Semoga saja ulasan resep diatas dapat bermanfaat dan membantu bunda semua yang sedang mencari referensi tentang resep siomay ini. Terima kasih sudah membaca resep yang kami berikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Siomay Ikan Tenggiri Khas Bandung yang Enak

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM atau akan kami hapus. Terima Kasih.