Resep dan Cara Membuat Soto Banjar Istimewa yang Nikmat

Resep Soto Banjar - Cara Membuat Resep Soto Banjar Istimewa yang Nikmat. Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan budaya memiliki cita rasa kuliner yang beragam pula. Jenis makanan yang sama dari satu daerah dengan daerah lainnya memiliki ciri khasnya masing-masing, contohnya adalah soto. Soto yang bisa dijumpai di berbagai daerah memiliki nama yang berbeda seperti soto lamongan, soto madura, soto betawi, dan soto banjar. Resep untuk membuatnya pun berbeda, seperti halnya pada resep soto banjar.

Soto banjar memiliki racikan bumbu-bumbu yang kompleks. Soto tersebut dibuat dengan bahan dasar daging ayam seperti soto-soto dari daerah lain. Makanan ini bernama soto banjar karena berasal dari daerah Kalimantan Selatan, yaitu Banjarmasin. Yang membuat soto banjar berbeda dari jenis soto lainnya adalah perpaduan rempah-rempah yang digunakan. Resep Soto Banjar juga menghadirkan sajian yang bergizi karena tidak menggunakan santan dalam pembuatannya. Anda bisa membuat sendiri soto banjar ini sebagai hidangan istimewa di meja makan. Berikut ini adalah Cara Membuat Soto Banjar serta bahab dan bumbu yang dibutuhkan.

Resep dan Cara Membuat Soto Banjar

Bahan-bahan Resep Soto Banjar

  • Ayam 1 ekor, potong sesuai selera
  • Air 2 liter
Bahan Pelengkap : mie soun, daun bawang, daun seledri, telur ayam rebus, perkedel kentang, bawang goreng, sambal soto banjar, dan jeruk nipis.
Baca juga : Resep Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana

Bumbu Resep Soto Banjar

  • Garam secukupnya
  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 10 buah
  • Cengkeh 4 buah
  • Kapulaga 3 buah
  • Pala ½ butir
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan dan bumbu Soto Banjar, Cara membuat Soto Banjar, Resep Soto Banjar

Cara membuat Resep Soto Banjar

  1. Pertama-tama bersihkan daging ayam terlebih dahulu. Kemudian potong-potong dan cuci hingga bersih. Rebus daging ayam dalam air dengan tambahan garam dan jahe sampai matang dan dagingnya empuk.
  2. Kaldu yang berasal dari hasil rebusan ayam akan dijadikan kuah.
  3. Ayam yang sudah diangkat, lalu ditiriskan. Setelah agak dingin, disuwir-suwir.
  4. Haluskan bawang putih, bawang merah, cengkeh, kapulaga dan pala. Tumis bumbu halus tersebut dengan minyak goreng lalu tambahkan lada bubuk dan garam.
  5. Rebus kaldu ayam. Masukkan tumisan bumbu ke dalam kaldu. Tunggu hingga mendidih.
  6. Tata isian soto ke dalam magkok berupa mie soun, suwiran ayam, irisan daun bawang, irisan daun seledri, serta potongan telur ayam rebus.
  7. Tuangkan kuah soto yang sudah dimasak ke dalam mangkok.
  8. Beri taburan bawang goreng serta tambahkan perkedel kentang, sambal, dan perasan jeruk nipis.
  9. Hidangan istimewa dari resep soto banjar siap untuk disajikan.
Resep Lain : Resep Ayam Betutu Khas Bali yang Lezat
Demikian Resep Masakan yang dapat kami berikan untuk kali ini tentang Resep dan Cara Membuat Soto Banjar Istimewa yang enak dan nikmat. Semoga informasi resep yang kami berikan dapat bermanfaat bagi bunda semua. Silahkan baca juga resep kami yang lain, terima kasih sudah datang berkunjung dan membaca resep yang kami berikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan Cara Membuat Soto Banjar Istimewa yang Nikmat

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM atau akan kami hapus. Terima Kasih.