Resep Kepiting Asam Manis khas Rumahan yang Lezat

Cara Membuat Kepiting Asam Manis - Resep Kepiting Asam Manis khas Rumahan - Kepiting asam manis adalah masakan yang sering kita jumpai di banyak tempat makan. Baik itu di tenda-tenda pinggir jalan maupun restoran berbintang. Sajian seafood yang satu ini merupakan masakan yang di gemari banyak orang karena rasa daging kepiting yang manis dipadu dengan bumbu asam manisnya memberikan sensasi yang membuat orang ketagihan. Sebenarnya untuk menikmati masakan Resep Kepiting Asam Manis ini, Anda tidak harus membelinya di rumah makan terlebih lagi di hotel berbintang. Sebab, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai resep kepiting asam manis, sehingga Anda semua bisa memasaknya sendiri di rumah.

Banyak variasi yang dapat kita gunakan untuk membuat menu masakan hasil laut yang satu ini. Untuk memasak kepiting asam manis. Kita harus memilih kepiting yang bagus dan segar karena kunci dari kelezatan Resep Kepiting Asam Manis adalah kualitas dari kepiting itu sendiri. Selain itu, kita juga dapat menambahkan rempah-rempah untuk memperkaya rasa sajian kepiting asam manis.

Perpaduan antara kepiting yang nikmat dan juga bumbu rempah tang gurih tentu akan menjadikan masakan ini semakin lezat layaknya menu restoran. Resep kepiting asam manis merupakan resep paling sederhana dari sajian kepiting asam manis yang bisa Anda coba di rumah. Anda juga dapat menambahkan bumbu lain sesuai selera. Berikut ini bahan dan bumbu yang diperlukan serta Cara Memasak Kepiting Asam Manis.

Resep dan Cara Membuat Kepiting Asam Manis

Bahan dan Bumbu Resep Kepiting Asam Manis

  • 4 ekor kepiting (di utamakan kepiting bakau lumpur )
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 buah serai
  • 1 helai daun salam
  • 2 buah tomat (haluskan)
  • 3 buah cabai merah
  • 2 buah cabai hijau
  • 2 buah bawang bombay
  • 2 buah bawang merah
  • 2buah bawang putih
  • 2 buah jeruk nipis/jeruk lemon
  • ½ sdm merica bubuk/lada halus
  • Garam/gula (sesuai selera)
  • Saus sambal dan saus tomat (sesuai selera)
  • Extra virgin olive oil/minyak zaitun (secukupnya)

Resep Kepiting Asam Manis, Cara memasak Resep Kepiting Asam Manis, Bahan dan bumbu Resep Kepiting Asam Manis

Cara Memasak Resep Kepiting Asam Manis

  1. Bersihkan kepiting yang Anda beli sampai benar-benar bersih, lalu rebus kepiting tersebut. Masukan parutan kulit jeruk nipis, air perasan jeruk dan sedikit garam. 
  2. Tiriskan kepiting lalu lepas cangkangnya atau bisa dibelah dua dan pisahkan kaki-kaki kepiting, lalu sisihkan.
  3. Panaskan virgin olive oil lalu tumis irisan bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah sampai harum.
  4. Masukan potongan cabai dan beri parutan kulit jeruk ditambah dengan 1 buah perasan jeruk nipis. Dengan memakai olive oil, tentu kepiting asam manis Anda akan lebih nikmat dan sehat.
  5. Masukan tomat yang sudah dihaluskan beserta saus sambal dan tomat. Kemudian, masukan kepiting yang sudah ditiriskan tadi beserta garam, merica, gula sesuai selera. Jangan lupa masukan juga daun salam dan serai yang sudah di geprek.
  6. Masak kepiting tersebut dengan api sedang selama 10 menit hingga bumbu meresap. Cicipi rasanya, jika sudah pas matikan api dan kepiting asam manis siap di sajikan.
Baca juga: Resep Cara Membuat Kepiting Saus Padang
Demikian Resep Membuat Kepiting Asam Manis Rumahan yang lezat dan juga nikmat. Semoga resep yang sudah kami berikan dapat berguna bagi semuanya dan dapat menambah koleksi resep keluarga. Silahkan Anda praktekan resep ini dirumah dengan inovasi masing-masing. Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi diresep kami lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kepiting Asam Manis khas Rumahan yang Lezat

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM atau akan kami hapus. Terima Kasih.