Cara membuat Resep Kue Biji Ketapang Khas Betawi yang Gurih

Cara Membuat Kue Biji Ketapang - Cara membuat Resep Kue Biji Ketapang Khas Betawi yang Gurih - Saat mendekati lebaran, apa saja hal yang perlu Anda persiapkan selain baju baru? Ya, pasti jawabannya adalah kue lebaran. Kue-kue spesial memang harus ada di setiap rumah selama lebaran untuk melayani tamu. Beragam kue kering laris manis diburu seperti nastar, putri salju, castengel, biji ketapang dan lain sebagainya.  Jika Anda orang Betawi, tentu kue ketapang bukanlah hal yang asing dan hampir semua mengetahui Resep Kue Biji Ketapang yang original.

Biji ketapang memiliki bentuk yang sedikit lonjong dan berukuran mini. Kue ini memiliki rasa yang enak dan renyah walaupun teksturnya agak keras. Resep Kue Biji ketapang memang khas asli dari Betawi. Kue ini terinspirasi dari buah ketapang yang dahulu banyak tumbuh di wilayah Jakarta. Buah ketapang memiliki biji yang renyah dan terasa gurih saat dimakan. Resep biji ketapang original hanya memerlukan bahan-bahan sederhana dan proses pembuatan yang mudah. Berikut ini Cara Membuat Kue Biji Ketapang dan bahan-bahan yang diperlukan.

Resep dan Cara Membuat Kue Biji Ketapang Gurih dan Empuk

Bahan-Bahan Resep Kue Biji Ketapang

  • Tepung terigu 500 gram
  • Tepung sagu 100 gram
  • Telur 2 butir
  • Santan 250 ml
  • Gula pasir 200 gram
  • Vanili ½ sendok teh
  • Garam ½ sendok teh
  • Parutan kelapa sangrai 100 gram
  • Mentega 100 gram
Resep Kue Lain: Cara membuat Resep Cake Keju Lembut

Resep Kue Biji Ketapang, Cara membuat Kue Biji Ketapang, Bahan-bahan Resep Kue Biji Ketapang

Cara Membuat Resep Kue Biji Ketapang

  1. Cara membuat kue biji ketapang yang pertama adalah menyiapkan adonan kue. Pertama, campurkan bahan-bahan seperti parutan kelapa sangrai, mentega, gula, telur, vanili dan garam menjadi satu di dalam wadah. Lalu, aduk semua bahan hingga merata.
  2. Kedua, tambahkan tepung terigu dan tepung sagu yang sudah diayak sebelumnya ke dalam wadah. Anda harus mengaduk tepung dengan campuran sebelumnya.
  3. Ketiga, masaklah santan hingga mendidih. Kemudian, tambahkan santan yang masih mendidih ke dalam wadah. Terakhir, aduk semua adonan agar tercampur dengan mixer ataupun secara manual.
  4. Cara membuat kue biji ketapang yang kedua adalah pembentukan adonan. Adonan bisa dibentuk sesuai selera baik bulat, lonjong, dan lain sebagainya. Namun, agar mirip ketapang asli, sebaiknya dibuat lonjong dan dipotong pipih.
  5. Langkah berikutnya dalam membuat biji ketapang adalah penggorengan adonan. Anda bisa menggoreng kue saat minyak sudah panas dan tunggu hingga warnanya menjadi kekuningan.
  6. Biji ketapang yang sudah kekuningan bisa diangkat. Tunggu sebentar hingga minyak pada kue mengering. Jika sudah kering, kue ketapang yang telah matang bisa dimasukkan ke dalam toples. Anda bisa mengombinasikan resep biji ketapang tersebut dengan kreasi Anda sendiri untuk rasa yang lebih bervariasi.
Baca Juga : Cara Membuat Resep Kepiting Saus Padang
Demikian Aneka Resep Masakan yang dapat kami berikan tentang Resep Membuat Kue Biji Ketapang yang gurih dan juga renyah. Silahkan bunda praktekan dirumah sendiri dengan menambah kreasi masing-masing. Semoga resep yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Sekian dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara membuat Resep Kue Biji Ketapang Khas Betawi yang Gurih

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM atau akan kami hapus. Terima Kasih.